Pages


Jumat, 05 Agustus 2011

Tugas Ospek .

key words : pertanian didaerah mu .

berhubung gue tinggal di daerah yang sangat jarang akan lahan pertanian, gue harus jujur nanti sama kaka senior yang bakal nnyain tulisan tangan gue tentang pertanian didaerah gue.




tapi gue ga akan lepas tanggung jawab . gue bakal nyoba mengkritisi kondisi pertanian yang ada di daerah tangerang..

   Kondisi yang memprihatinkan . Mungkin komentar yang cocok untuk diutarakan kepada pemerintah kota tangerang dalam menangani kondisi pertaniannya saat ini. Sejumlah lahan yang berada di Tangerang kian lama kian menyusut dan berubah menjadi lahan perumahan dan sarana hiburan . Kesadaran akan masyarakat untuk mempertahankan lahan pertanian bagi para petani masih sangat kurang . Padahal, tanpa adanya lahan pertanian didaerah Tangerang, penduduk didaerah Tangerang akan sulit untuk mendapatkan sumber bahan pangan . Jika hal ini berlanjut, tidak menutup kemungkinan bahwa harga pangan didaerah Tangerang ini akan mengalami kenaikan. Dengan kondisi ekonomi Masyarakat yang beragam, tentu hal ini akan mengimbas pada kemiskinan.
       Sejak tahun 2003 hingga saat ini penyusutan lahan pertanian sudah mencapai setengah dari lahan yang awalnya ada, bila ini terus dibiarkan dan tidak ada campur tangan pemerintah dalam sepuluh tahun ke depan areal persawahan di Kota Tangerang bukan tidak mungkin akan  habis.
       Pada tahun 2003 lalu jumlah lahan pertanian di Kota Tangerang berjumlah 1627 hektare namun di tahun 2011 ini jumlah telah menyusut hampir setengahnya menjadi 893 hektare saja.  Penyebab utama banyaknya lahan pertanian yang beralih fungsi dikarenakan sektor ini dianggap kurang menghasilkan dibanding dengan usaha lainnya.
      Pertanian memang selalu dianggap remeh oleh  kalangan muda saat ini . Tapi, jika hal ini dibiarkan . Maka nama "Negara Agraris" yang menjadi julukan bagi negara Indonesia hanya tinggal ingatan saja . Bagaimana tidak, dikota-kota besar seperti Tangerang, sudah tidak memprioritaskan sektor pertanian sebagai sumber penghasilan utamanya.
      Perlu diadakan penyuluhan yang terarah untuk mengalokasikan lahan pertanian didaerah Tangerang, khususnya bagi para petani yang menghabiskan sebagian waktunya dilahan pertanian . Bukan tidak mungkin, petani didaerah Tangerang akan hilang jika lahan pertanian yang biasa digunakan mereka untuk bercocok tanam sudah tidak ada.
      Penerus masa depan yang bergerak dibidang pertanian harus segera memiliki solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Karena merekalah yang nantinya akan memegang kekuasaan di indonesia kita tercinta ini.

mudah-mudahan tulisan diatas bisa membuka cakrawala kita sebagi penerus bangsa untuk terus memajukan bangsanya dibidang masing-masing...

0 komentar:

Posting Komentar